Minggu, 29 Juli 2012

APA TERORIS ITU?


APA SIH TERORIS ITU

Belum lama ini ada satu pristiwa penembakan di depan gedung bioskop di amerika. Penembakan terjadi ketika penontong keluar dari menonton film batman. Pelaku menembak 71 orang dan 12 diantaranya meninggal. Pelakunya adalah James Holmes,  seorang pemuda 24 tahun.Tapi tak ada satu mediapun yang memberi gelar teroris kepada pelaku.

Jika pelaku beragama Islam sudah pasti media akan menyebutnya sebagai teroris. Tapi saying belaku bukanlah orang Islam. Kejadian serupa terjadi di norwegia bebeapa tahunlalu. Penembakan terjadi disana.

Teroris lebih sering dikaitkan dengan orang Islam yang mengadakan makar. Tapi tidak bagi orang-orang diluar Islam. Orang-orang Islam jika melakukan pembunan akan dikatakan teroris. Sedangkan orang di luar Islam tidak dikatakan teroris. Saya jadi bingung dengan istilah teroris ini. Kalo menurut bahasan diatas teroris itu orang Islam yang melakukan kekerasan. Tapi jika kekerasan itu dilakukan oleh orang diluar Islam ia bukan teroris. Sungguh sebuah pernyataan yang membingungkan.

Teroris sendiri berasal dari kata teror yang berarti mengancam, menakuti orang lain. Nah berarti segala tindakkan yang membuat orang takut atau mengancam orang adalah tindak terorisme. Tapi pada kenyataannya tidak demikin. Terorisme hanya ditujukan pada orang Islam dan tidak kepada selainnya.

Saya benar-benar bingung apa sebenarnya makna teroris ini. Jika maknanya adalah orang yang mengancam keselamatan orang lain tentu pelaku penembakan di bioskop amerika itu juga teroris. Amerika juga teroris. Begitu pula sekutu-sekutunya yang telah mengancam orang-orang di Afganistan, Iraq, Checnya, Palestin, dan Negara-negara lain. Begitupula orang-orang buda di Rohingya mereka adalah teroris. Karena mereka telah membunuh, mengusir, juga mengancam kaum muslim di Rohingya. Basar Assad dan bala tentara si’ah itu juga teroris. Karena mereka telah membunuh ribuan orang disuriyah, mengancam mereka juga menyulik ribuan orang.

Suharto juga teroris karena ia telah membunuh banyak alim ulama, para mahasiswa di Trisakti, orang-orang di Tanjung Priuk, para warga Talang Sari. Dan ia juga telah menculik beberapa orang yang di anggap mengancam posisinya. Tapi tak satupun yang saya sebutkan diatas yang mendapat gelar teroris dari media massa.

Kesimpulan saya yang dimaksud teroris itu adalah orang-orang yang menjadi lawan Amerika. Terutama umat Islamyang menentang secara langsung Amerika. George W. Bush pernah mengatakan Siapa yang bersama kami maka akan kami beri carrot(wortel)(uang) sedangkan siapa yang bersama mereka(teroris) akan kami beri stik(tembakan). Inilah mungkin makna teroris yang dimaksud. Ah sudahlah aku bingung dengan kata teroris ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar